Bagian penting dari kendaraan baik untuk sepeda motor
atau mobil adalah sistem kelistrikan bodi termasuk dalam hal ini adalah sistem
penerangan (lighting sistem) yang tentunya sangat diperlukan sekali untuk
keselamatan pengendara terutama untuk pengendaraan dimalam hari. Sistem
kelistrikan bodi ini dibagi menjadi dua :
A .
SISTEM KELISTRIKAN BODI BAGIAN LUAR
Sistem kelistrikan bodi yang terpasang pada bodi
kendaraan untuk bagian luar ini terdapat beberapa sistem lampu dan tanda.
Sistem-sistem tersebut yaitu :
- Lampu besar/kepala
- Lampu tail/belakang
- Lampu rem
- Lampu jarak/kota
- Lampu tanda belok
- Lampu hazard
- Lampu plat nomor
- Lampu mundur
- Lampu kabut
- Klakson
B. SISTEM KELISTRIKAN BODI
BAGIAN DALAM
Sistem kelistrikan yang terpasang di bagian dalam ini
meliputi :
a. Lampu indicator dan
instrument lainya yang terpasang pada dashboard
b. Lampu
ruangan/lampu kabin.
Kelistrikan
bodi bagian luar.
1.
Lampu besar/kepala
Sistem lampu besar/kepala merupakan lampu penerangan yang berfungsi untuk
menerangi jalan dibagian depan kendaraan terutama pada malam hari. Pada umumnya
lampu besar/kepala ini dilengkapi dengan lampu jarak jauh dan lampu dekat (high
beam dan low beam) dan dapat dihidupkan dari salah satu switch oleh
dimmer switch. Jarak jangkau sinar yang dipancarkan
oleh lampu kepala jarak jauh harus dapat melebih 100 m. Ada kalanya lampu besar
ini dimainkan (memberikan tanda) pada saat kendaraan kita mau mendahului
kendaraan yang berada di depanya.
Ada dua tipe
lampu yang digunakan pada lampu besar/kepala yaitu :
a.
Lampu besar tipe sealed beam.
Lampu
besar tipe sealed beam ini, dimana penggunaan bola lampunya tidak terpisah,
melainkan keseluruhan terpasang menjadi satu unit seperti bola lampu dan
filament terpasang di depan kaca pemantul untuk menerangi kaca lensa.
b.
Lampu besar tipe semisealed beam.
Lampu tipe ini konstruksinya, berbeda dengan
lampu model seald beam, dimana bola lampunya terpisah dengan dudukanya,
sehingga kalau suatu saat terjadi kerusakan pada salah satunya, dapat diganti
dengan mudah cepat sehingga tidak diperlukan penggantian secara keseluruhan.
Misal apabila bola lampunya putus atau terbakar, maka bola lampunya saja yang
diganti. Tidak seperti halnya lampu tipe seald beam, kalau terjadi kerusakan
maka harus diganti seacara keseluruhan.
Bola lampu
besar semi sealed beam tersedia dalam tipe seperti berikut:
- Bola lampu biasa
- Bola lampu Quartz – halogen
Cara
memasang pada seat mengganti bole lampu Quartz Halogen.
Bola lampu quartz halogen lebih panas dibandingkan
dengan bola lampu biasa saat digunakan, umur lampu ini akan lebih pendek bila
oli atau gemuk menempel pada permukaannnya. Lagi pula garam dalam keringat
manusia dapat
menodai kacanya (quartz). Untuk mencegah ini peganglah bagian flange bila
mengganti bola lampu untuk mencegah jari-jari menyentuh quartz.
2. Lampu Jarak dan Lampu Belakang
Lampu kecil untuk dalam kota ini berfungsi untuk
memberi isyarat kepada pengendara yang ada dibelakang ada serta lebarnya
dari sebuah kendaraan pada malam hari bagi pengendara yang di beakangnya, baik
yang ada di depan maupun di belakang. Lampu-lampu tersebut untuk yang bagian
depan disebut dengan lampu jarak (clearence light) dan yang dibagian belakang
disebut dengan lampu belakang (tail light).
3. Lampu Rem (brake light)
Lampu rem (brake light) berfungsi untuk memberi tanda
kepada pengendara yang ada di belakng mau berhenti atau mempelambat laju
kendaraan. Sehingga pengendara yang ada dibelakang tahu dan ini juga untuk
menghindari terjadinya benturan pada saat melakukan pengereman. Lampu rem ini
diberi warna merah dan bola lampunya mempunyai dua buah yang satu untuk lampu
kota/belakang. Switch rem terpasang pada bagian pedal, sehingga pada saat
melakukan pengereman secara otomatis lampu rem akan menyala.
4.
Lampu Tanda Belok (turn sighal light)
Lampu tanda belok atau yang lebh dikenal dengan
istilah lampu sein yang dipasang di bagian depan dan belakang ujung kendaraan
yang berwarna kuning. Berfungsi untuk memberi isyarat pada kendaraan yang
ada di depan, belakang dan sisi kendaraan bahwa pengendara bermaksud untuk
membelok atau pindah jalur. Lampu tanda belok mengedip secara tetap antara 60
sampai 120 kaii setiap menitnya. Lampu bisa berkedip karena dilengkapi dengan
flasher, Flasher tanda belok adalah suatu alat yang menyebabkan lampu belok
mengedip secara interval. Flasher pada umumnya menggunakan tipe semi -
transistor yang kompak, ringan dan dapat diandalkan. Ada juga yang model tabung
dan divariasikan dengan suara. Dalam flasher tanda belok tipe semi-transistor,
bila bola lampunya putus, maka mengedipnya mulai cepat dari yang normal, dan
ini merupakan tanda kepada pengemudi untuk menggantinya.
5. Lampu hazard (hazard
warning light)
Lampu hazard digunakan pada saat keadaan darurat untuk
memberi isyarat keberadaan kendaraan dari bagian depan, belakang dan kedua sisi
selama berhenti atau parkir dalam keadaan darurat. Lampu yang digunakan menyatu
dengan lampu tanda belok, tapi pada saat dinyalakan seluruh lampu mengedip
serempak depan dan belakang kiri kanan.
6. Lampu Plat Nomor
Lampu plat nomor berfungsi untuk menerangi plat
nomor bagian belakang. Lampu plat nomor menyala bila lampu belakang menyala.
7. Lampu mundur
Lampu mundur
(back up light) dipasang pada bagian belakang kendaraan dan berwarna putih
berfungsi untuk member tanda kepada pengebdara lain atau orang yang berada
dibelakang pada saat kendaraan mundur, Karena lampu mundur switch (saklar) nya
dipasang pada transmisi, Lampu mundur akan menyala bila tuas transmisi
diposisikan mundur dengan kunci kontak ON.
8.
Lampu kabut
Lampu kabut digunakan pada saat cuaca berkabut, jalanan
berdebu atau hujan lebat.
Penggunaan lampu harus mengikuti aturan
yang berlaku yakni :
Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut.tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa wama putih atau warna kuning.
Pemasangan kedua lampu harus berjarak sama baik yang kanan dari titik tengah kendaran. Lampu kabut dihubungkan bersama-sama lampu jarak dekat (pada saklar dim). Lampu kabut.tidak dihidupkan bersama-sama dengan lampu jarak dan hanya dihidupkan bersama lampu kota. Lampu kabut boleh menggunakan lensa wama putih atau warna kuning.
Bila lampu
kabut akan diaktifkan maka saklar larnpu kepala harus pada posisi lampu jarak
dekat. Saat saklar lampu kabut diaktifkan, arus listrik dari saklar lampu
kepala akan mengalir ke relay melalui saklar lampu kabut. Dengan aktifnya relay
maka arus listrik dari baterai akan mengalir ke lampu kabut melalui sekering
dan relay.
Kelakson
berfungsi untuk memberikan tanda dengan suara/bunyi kepada pengendara lain atau
pejalan kaki yang berada di depan kendaraan.
Gambar tombol kelakson pada steer
Gambar tombol kelakson pada steer
Kelakson umumnya ada jenis, yaitu :
b. Kelakson angin tau udara
Kelakson
elektrik prinsip kerjanya merubah energy listrik menjadi energy bunyi, hampir
setiap kendaraan menggunakan kelakson elektrik ini. Sedangkan kelakson angin menggunakan
tekanan tiupan angina tau udara untuk menghasilkan bunyi.
Kelistrikan
bodi bagian dalam
1. Lampu ruangan (dome light)
Lampu ruangan atau lampu kabin berfungsi untuk
menerangi interior ruangan penumpang yang dirancang agar tidak menyilaukan pengemudi
pada malam hari. Umumnya lampu ruangan (interior) letaknya dibagian tengah
ruang penumpang kendaraan untuk menerangi interior dengan merata. Lampu ini
disatukan dengan switchnya yang mempunyai 3 (tiga) posisi yaitu : ON, DOOR dan
OFF. (untuk memberi kemudahan keluar masuk pada malam hari, lampu ruangan dapat
disetel hanya menyala bila salah satu pintunya dibuka. Ini dapat dilakukan
dengan menyetel switch pada posisi DOOR.
Gambar Lampu ruangan
Gambar Lampu ruangan
2. Lampu Instrumen Panel (lampu meter).
Lampu instrumen panel terpasang pada bagian dashboard
digunakan untuk menerangi meter-meter pada instrumen panel pada malam hari dan
memungkinkan pengemudi membaca meter-meter dan gauge dengan mudah dan cepat
pada saat mengemudi. Lampu instrumen panel akan menyala bila lampu belakang
(tail light) menyala. Ada beberapa model yang dilengkapi dengan lampu
pengontrol rheostat yang memungkinkan pengendara mengontrol terangnya
lampu-lampu pada instrumen panel.
Macam-macam
bola lampu dan titik pengunci dalam mengganti bola lampu.
Tipe bola lampu bervariasi yang digunakan pada sebuah
kendaraan, dapat dikiasifikasikan dalam beberapa cara.
1) Bola lampu model single - end
Tipe bola lampu ini hanya mempunyai satu base cap yang
juga sebagai penghubung ke massa.
Blola lampu singie - end selanjutnya diklasifikasikan
ke dalam dua jenis sesuai dengan jumlah dari filament. Single filament pada
bola lampu model single - end dan double filament pada bola lampu single
end.
Bola larnpu dipasang pada socket dengan menernpatkan pin pada base cap.
Mengganti
Bola Lampu
Tekan bola
lampu kedepan socket untuk melepas pin base cap tidak mengunci pada tarikan
socket, putar bola lampu tersebut dan tarik keiuar untuk melepasnya.
Memasang Bola
Lampu
Dalam
rnemasang bola lampu yang baru urutannya adalah kebalikan dari cara melepasnya.
Pin pada
bola lampu double filament single - end letaknya tidak segaris (offset) dalam
pengaturan tingginya. Hal ini Untuk mencegah kesalahan posisi pernasangan
lampu.
2) Bola
lampu widge - base (socket gepeng).
Tipe bole
lampu ini mempunyai satu filament dan filamennya berhubungan langsung dengan
socket terminal.
Gambar Bola lampu wigde - base
Mengganti bola lampu
Tarik bola
lampu keluar dengan menggunakan jari tangan.
Memasang bola lampu
Dorong/tekan
bola lampu pada lubang socket
3)
Bola Lampu Dengan Ujung Ganda
Tipe bola lampu ini mempunyai satu filament dan dua
base-cap. seperti pada gambar berikut:
Memperbaiki
/ mengganti bola lampu
Tekan salah
satu den terminal socket dam untuk membuka tarik keluar bola lampu tersebut.
Memasang
bola lampu
Tempatkan
salah satu ujungnya ke dalarn lubang kemudian dorong / tekan yang
lainnya sehingga kedua ujung masuk pada lubangnya
masing-masing.
Gambar Bola lampu dengan
ujung ganda
Demikianlah pembahasan tentang sistem kelistrikan bodi pada mobil yang saya ambil dari berbagai sumber, Semoga bermanfaat. Amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar